
ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024 (dahulu: Piala AFF) akan segera berlangsung. Kompetisi antarnegara Asia Tenggara ini akan dihelat pada 8 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 mendatang.
Sebanyak 10 tim akan bertanding di turnamen kali ini. Timnas Indonesia yang belum pernah menjuarai Piala AFF kali ini berada di grup B bersama Timnas Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.
Menjelang perhelatan turnamen, Mitsubishi Electric selaku sponsor utama dari Piala AFF 2024 menggelar beberapa rangkaian acara. Di antaranya adalah coaching clinic bersama mantan Waketum JFA serta pelatih Timnas Jepang, Takeshi Okada.
Acara dilaksanakan pada Sabtu (2/11) siang WIB, di Lapangan C, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Okada dan Ryuji Utomo hadir dalam acara tersebut, memberikan coaching clinic kepada anak-anak dari SSB Tunas Sepakbola Nusantara Football Academy.
Tidak hanya itu, mantan pemain Persib Bandung asal Jepang, Shohei Matsunaga, juga ikut meramaikan coaching clinic tersebut.

Coaching Clinic ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024 Trophy Tour
Tercatat ada 20 pemain usia muda dari SSB Tunas Sepakbola Nusantara Football Academy yang mengikuti klinik kepelatihan. Takeshi Okada, mantan pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 1998 dan 2010, hadir ke acara ini.
Dia juga terlibat langsung dalam sesi klinik, lalu memberikan materi seperti mini games dengan menggunakan metode “Okada”.
Baca Juga: Shin Tae-Yong Berbagi Ilmu di ASEAN Mitsubishi Electric Cup™ 2024 Trophy Tour
Okada mengaku terkejut melihat perkembangan permainan sepak bola di Indonesia. Berbedaketika ia berkunjung 20 tahun silam, sepakbola di Tanah Air berkembang sangat pesat.
“Sudah 20 tahun enggak ke sini, saya melihat kemampuan anak-anak begitu terkejut. Mereka mainnya luar biasa,” kata Takeshi Okada.
Setelah selesai coaching clinic, ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024 Trophy Tour bergeser ke fX Sudirman, Jakarta, Sabtu (2/11) sore WIB. Hadir juga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam trophy tour kedua setelah Singapura tersebut.
“Terima kasih karena sudah menjadi main sponsor Mitsubishi ini dan membantu juga untuk sepakbola ASEAN,” tutur Shin Tae-yong kepada rekan-rekan wartawan.
Para pecinta sepak bola terlihat antusias untuk melihat secara langsung ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024 Trophy Tour. Apalagi, mereka tidak dikenakan biaya untuk masuk melihat trophy tersebut.